Thursday 26 October 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca (Day 1)

Games Level 5 BunSay 

Membuat Pohon Literasi FZR Family 


Hari ini pertama Games Level 5 Bunsay dimulai dan tugas pertamanya adalah membuat pohon literasi. Pohon literasi ini merupakan gambar pohon yang dibuat pada kertas dengan ranting - ranting pohon yang dapat ditempelkan daun - daun kertas warna - warni yang bertuliskan judul buku yang dibaca. Pohon ini bisa sebagai media untuk menstimulasi anak suka membaca. Bunda bukan orang yang jago gambar niy, akhirnya buatnya pake print di kertas A3 dan cari sketsa pohon di google.com. inilah jadinya pohon literasi FZR Family


Pohon Literasi FZR Family Day 1


Untuk hari ini buku yang dibacakan ke ade Farhan (2th) Halo Balita - Aku Bisa Makan Sendiri, sudah jadi rutinitas Farhan sebelum tidur dia suka buka-buka buku untuk dibacakan bunda, sambil nunggu giliran mas Fathir dibacain buku cerita juga sebelum tidur.

Gaya Farhan Buka Buku
Karena ade Farhan sudah mulai dibiasakan membaca buku sedini mungkin, jadi setiap malam harus ada buku yang dibacakan ke Farhan sebelum tidur. Dan Ade ini suka ambil bukunya sendiri sesuai yang dia mau, kadang sampai 5 buku... walaupun yang dibacakan hanya satu buku yang lainnya buat diliat-liat gambarnya.

Gaya Farhan Saat Baca Buku

Selain baca buku dimalam hari, yang sudah jadi rutinitas keluarga kecil kami adalah mendengarkan hafiz doll setiap mau tidur sampai benar-benar tidur dan saat waktu subuh, mulai dari murotal Al-Quran, cerita nabi, asmaulhusna, kosakata Bahasa Arab - Bahasa Inggris - Bahasa Indonesia. Biar Fathir dan Farhan juga belajar secara auditory secara rutin. 

Gaya Farhan Setelah Dibacakan Buku Halo Balita

Berbeda dengan Farhan, untuk Mas Fathir (7th) yang alhamdulilah sudah bisa baca, membaca belum menjadi hobby mas Fathir saat ini karena hobinya berhubungan dengan mekanik seperti robotic dan membuat lego, yang sering dibacakan buku cerita kisah nabi atau pengetahuan sebelum tidur sama bunda. Semoga dengan adanya games level 5 ini bisa menstimulasi Fathir untuk gemar membaca.


Fathir Saat membaca buku Cerdas dan Sholeh 

Kalau Fathir (7th) lebih memilih baca buku Cerdas dan Sholeh bersama Hafiz dan Hafizhah tentang hewan

Menstimulasi anak agar suka membaca secara rutin, Insya Allah akan ada continous improvement dari stimulasi tersebut. Semangat bunda :-)

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#Day1

No comments:

Post a Comment