Friday 4 May 2018

Ikan Koki Ajaib

Games Level #10 Bunsay 
Melatih Karakter Anak Lewat Dongeng Day 10


Bunda : Malam ini mau dengerin cerita apa yaa mas Fathir? 
Fathir : aku mau tentang Ikan bun...
Bunda : ok, kita baca tentang ikan koki ajaib ya...

Suatu hari, seorang nelayan miskin menangkap seekor ikan koki ajaib dengan jalanya. " Pak nelayan, tolong lepaskan aku ya. aku ingin hidup bebas, " pinta ikan koki ajaib memelas. Pak Nelayan sangat kasihan sehingga melepaskan kembali Ikan koki Ajaib ke dalam air. Padahal, kalau ikan koki ajaib ia jual kepada tukang ikan, tentu ia akan mendapatkan cukup banyak uang.

" Kau tidak akan menyesal, " seru Ikan koki Ajaib sebelum berenang kembali ke dalam lautan. " Tapi kau janji akan menceritakan keoada siapa pun tentang kejadian ini, termasuk kepada istrimu yang cerewet dan tamak itu,'' pesannya kemudian.

Ketika nelayan itu tiba dirumah, ia tercengang melihat gubuknya yang sudah berubah jadi istana dan istrinya bergaun mewah seperti ratu. " Dari mana datangnya kekayaan ini, Pak? Tanya istrinya sambil melihat pak nelayan pulang.

" Jangan tanya hal itu atau semuanya akan lenyap lagi," kata pak nelayan.Tapi, istrinya terus mendesak sampai akhirnya Pak Nelayan menceritakan Ikan koki Ajaib. Saat itu juga, mendadak istananya berubah jadi gubuk!dan semuanya seperti dahulu. Istrinya tetap seperti biasa, cerewet dan tidak pernah puas.

Fathir : kasian pak nelayan itu ya bun, jadi susah lagi.
Bunda : ya mas, itu karena ia ingkar janji.

jadi Tepati janji dengan sebaik - baiknya karena menepati janji adalah salah satu kebaikan iman. Jika melanggar janji bisa dosa dan malapetaka.

No comments:

Post a Comment