Tuesday 1 May 2018

Persahabatan Ular dan Ayam

Games Level #10 Bunsay 
Melatih Karakter Anak Lewat Dongeng Day 6


Malam ini kita cerita apa ya de? ade langsung ambil bukunya dan minta bunda bacakan buku cerita ini. oh ternyata ade minta dibacakan cerita tentang persahabatan ular dan ayam.


Suatu hari, Pak Tani menemukan dua butir telur di hutan. Kemudian kedua butir itu menetas. Ternyata, yang satu anak ayam dan satu anak ular. keduanya itu hidup rukun dan tumbuh bersama.

Ketika mulai dewasa, ayam dan ular tidak mau dipisahkan. bahkan, saat mereka bertelur, ayam dan ular mentimpan telurnya di satu tempat dan mengeraminya secara bergantian. Pada siang hari, ayam mencari makan, sedangkan ular mengerami telur. Sebaliknya pada malam hari, ayam mengerami telur, sedangkan ular mencari makanan.

Pada mulanya semua berjalan baik, akan tetapi pada suatu malam. Ular tidak menemukan makanan. Pagi harinya, ia pulang dengan kelaparan. Saat itu, ayam suadh pergi mencari makanan. Biasanya ular akan segera mengerami telur. Namun, karena perutnya lapar, ia tidak tahan melihat telur - telur ayam yang hangat dan segar. Tanpa pikir panjang lagi, Ular menelan sebutir telur ayam. telur ayam ternyata lebih nikmatdaripada daging kodok dan tikus.

Betapa terkejutnya ayam ketika melihat ular sedang berusaha menelan telurnya bulat - bulat. Ularpun  sangat panik begitu melihat ayam tiba - tiba muncul dihadapannya. Ia tidak mungkin mengeluarkan telur yang sebagiannya sudah masuk mulutnya dan tak mungkin menelan telur ayam sekaligus. Sejak saat itu Ular jadi suka memakan telur ayam. akhirnya mereka jadi bermusuhan.

Jadi mencuri itu adalah perbuatan yang tidak terpuji dan berdosa besar. Jagalah titipan orang lain sebaik - baiknya. Menjaga titipan merupakan amal kebaikan.






No comments:

Post a Comment